terinspirasi dari hasil bongkar-bongkar kamar dan bertemulah aku dengan kertas jaman dulu yang ternyata merupakan modul mata pelajaran biologi waktu SMA dulu. sebuah kata yang awalnya aku pikir biasa-biasa saja, tapi tunggu dulu…setelah dipikir-pikir, kata ini bisa diterapkan di kehidupan kita sehari-hari. *kata apaan sih…sok penting banget, haha

ETIOLASI…makna dari kata ini adalah kemampuan tanaman untuk dapat tumbuh dalam gelap, misalnya kacang hijau. Kalo teman-teman semua tau, kacang hijau itu bisa tumbuh lebih cepat jika diletakkan dalam lingkungan yang gelap. Awalnya aku gk percaya dengan sifat si tanaman satu ini, tapi iseng-iseng dari penelitianku dulu ternyata sifat ini benar-benar ada lho.Walaupun bisa lebih cepat tumbuh dalam gelap, disarankan kalo mau memanen kacang hijau yang bijinya mantap, tanamannya tetap harus diletakkan di lingkungan yang cukup sinar matahari. Karena kacang hijau yang tumbuh di ruang gelap ini hanya menang tinggi aja, kalo hasil akhirnya kurang tau juga karna aku sendiri belum pernah melihat hasil akhirnya.

Nah di sisi lain, sifat etiolasi ini bisa kita ambil pelajarannya lho. tumbuh dalam gelap…konteksnya disini adalah kegelapan lingkungan sekitar kita yang sudah tidak karuan.

Tau kan gimana kondisi lingkungan di sekitar kita saat ini. di zaman yang semakin modern ini, banyak pengaruh-pengaruh negatif yang muncul, mulai dari dunia fashion yang sudah semakin gk karuan, dunia kuliner yang semakin bias mana yang halal dan yang haram, ataupun segala macam tontonan yang secara tidak langsung bisa mempengaruhi proses pemikiran kita. Perlu kehati-hatian yang ekstra dalam menjaga diri, menjaga keimanan di tengah keganasan zaman.

Semakin gencarnya ghozwul fikr (perang pemikiran) tidak dapat dipungkiri lagi. Musuh Islam menggunakan segala macam metode untuk dapat menjauhkan para muslim itu dengan agamanya sendiri. Satu-satunya cara awal agar kita tidak tersangkut di jaring ghozwul fikr tersebut adalah penguatan keimanan dalam diri sendiri. kalau pemahaman kita tentang Iman, Islam, dan Ihsan sudah mantap maka insyaallah lingkungan yang sudah gk karuan ini bukan suatu masalah bagi kita.

Maka tak salah meniru sifat yang dimiliki oleh kacang hijau. Membekali diri dengan pupuk-pupuk ilmu agar terjangan badai kehidupan bukan lagi menjadi sesuatu yang mengerikan. Ayo teman-teman semua, jangan bosan-bosan untuk meng-up grade ilmu yang kita miliki. Karena belum tentu ilmu yang kita miliki saat ini bisa menhadapi keganasan masa depan.

Selamat ber-etiolasi ^^
~di tengah kejenuah menunggu sesuatu yang tak pasti~

About these ads