Anak Indonesiaa….

“Sehat, Aktif, Berprestasi”

Yak itulah jargon hari gizi yang diselenggarakan oleh HIMAGIKA FK UGM tahun ini.

Pasti banyak yang nggak tau kalo hari ini, 25 Januari, adalah Hari Gizi Nasional. Kalo orang diluar prodi gizi mah biasa, mirisnya adalah ketika seorang mahasiswa gizi tapi nggak tau kalo ada hari gizi. Tapi nggak masalah, kan udah ada internet…jadi informasi hari spesial ini bisa tersebarkan dengan luas dan tanpa buang-buang waktu.

Tahun ini, adalah tahun kedua dalam menuntut ilmu di jurusan yang telah mengantarkanku hingga ke titik ini. Walaupun statusnya sekarang aku bukan lagi bagian dari pengurus harian maupun staff HIMAGIKA tapi bukan berarti kontribusi untuk program ke-gizi-an berakhir sampai disini. Salah satu bentuknya ya ini, jadi panitia hari gizii…😀

Kali ini acara untuk memperingati hari gizi dan sebagai bentuk kepedulian terhadap gizi anak Indonesia HIMAGIKA mengadakan penyuluhan tentang gizi seimbang, makanan sehat, dan PHBS pada anak-anak yang ada di SD Sinduadi Timur. Tepatnya di sebelah barat Masjid Pogung Raya (*masjid yg cukup terkenal di kalangan para anak kos yg ada di daerah itu). Nah, penyuluhan tentang gizi ini tak hanya disampaikan dengan metode ceramah, tapi penyampaiannya juga dikemas dengan games yang telah dirancang sedemikian rupa. Unforgetable moment deh pokoknya.

Apalagi dari pengalaman jadi fasilitator kali ini ternyata tanpa aku sadari membawaku menemukan semangat belajar dan keceriaan menerima ilmu. Semangat anak-anak yang haus akan pengetahuan. Semangat para pencerah masa depan bangsa. Semoga setelah hari ini semangat thalabul ‘ilmi itu tersalurkan kepada jiwaku ^^

Tak di sangka-sangka juga anak-anak SD kelas 4 dan 5 itu sangat antusias dengan pelaksanaan kegiatan ini. Buktinya di akhir acara, anak-anak di kelompokku semacam merayu mengatakan, “mbak, taun depan kesini lagi yaa. pas aku besok udah kelas 5. asik e acaranya dari tadi pagi itu. hadiahnya juga banyak”. Itulah dunia anak-anak…menikmati ketika pembelajaran itu dikemas dalam bentuk permainan. Bermain sambil belajar.

Intinya hari ini aku senang bisa menjadi bagian dari kepanitiaan yang mempersiapkan generasi muda Indonesia agar lebih baik. Ketika gizi alias makanan yang dikonsumsi sehari-hari itu mencukupi kebutuhan energi, maka tubuh akan sehat, kuat, dan segala pekerjaan yang dilakukan bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Mari tingkatkan kesadaran akan hidup sehat dengan menerapkan pola makan seimbang, dimulai dari kamu.😉

SELAMAT HARI GIZIII…. ^^